Komunikasi Produktif dengan Anak (Hari 8)

June 08, 2017

image: dickybirdsnest.blogspot.com
Hari ini rada hectic. Ngapain? nemenin si bocah seharian. Yay! rekor banget nggak, sih? Jadi, sejak ikut kelas bunda sayang IIP, saya bertekad untuk mengurangi my own screen time. Megang hp diminimalisir banget. Sebisa mungkin temani si boy main supaya kami bisa saling berkomunikasi dengan baik.
Gampang? nggak. Apalagi saya juga sambil kerja dari rumah, jadi kadang harus pintar-pintar nyuri waktu ketika ia sedang bobo atau main bersama temannya (saya jadi satpam aja duduk sambil laptopan)

Tantangan hari ini betul-betul menantang. Kalau kemarin  saya berhasil membujuk si boy untuk bobo siang, hari ini nggak. T_T'
Segala macam cara sudah saya kerahkan.
Setelah makan siang dan bersih-bersih ganti baju, Asaboy saya ajak main di kamar. Maksudnya untuk menciptakan suasana kondusif untuk tidur siang.

Kata-kata bujukan seperti "bobo bikin pintar" sudah ndak berlaku lagi. He even said that he doesn't want to be smart  kalau bobo jadi syaratnya. Subhanallah.. usia belum genap 5 tahun tapi nalarnya sudah sampai kesana.. ckckck.. emaknya jadi keder, deh.

Akhirnya saya ajak dia ngobrol santai tentang mimpi. Ia banyak bertanya tentang apa itu mimpi dan kenapa kita bisa bermimpi. Rada ngarang sih, jawabnya. tapi kalau yang saya nggak tahu ya saya bilang nggak tahu.

Kemudian dia lihat buku tentang nanas di nakas. Ia minta saya untuk membacakannya. Setelah baca buku, biasanya dia kan mulai ngantuk. Tapi tadi nggak, dong... matanya masih sangat segar dan nggak ada ngantuk sama sekali. Malah saya yang sudah mulai teler.. hahaha

Setelah baca, si kecil malah minta saya mendongeng. Jadilah saya bercerita tentang seekor anak gajah yang mampir minum di pinggir sungai. Memang dongeng itu bisa jadi "jembatan" ampuh untuk berkomunikasi dengan anak, ya?

Lalu, setelah sekian banyak usaha yang dikerahkan untuk membuat anak ini tidur siang, apakah saya berhasil?
Tidak.

Si kecil tetap tidak mau bobo siang.
Apakah saya menyerah? Nggak dong.. besok kita coba lagi ya, le..
Sepertinya tadi jeda waktu sejak makan siang dan waktu tidur itu agak kelamaan. Well, yang penting kita sudah usaha ya, nak.
Soal hasil.. serahkan saja sama Allah.
^_^

#Tantangan10hari
#Game1Level1
#KelasBunSayIIP
#IIP


You Might Also Like

0 comments