Lacak HP Android Tanpa Aplikasi Tambahan

October 24, 2016


Gambar: Pexels
Zaman sekarang, ponsel bukan lagi kebutuhan tersier melainkan primer. Saking primernya, ketika ponsel kita hilang, rasanya separuh jiwa pun hilang. #halah #lebay

Zaman dulu kita cuma bisa mengumpat kalau hp dicuri. Sekarang, kita bisa lacak android yang hilang. Hail technology!

Sejak diakuisisi Google  di tahun 2007, OS Android ini semakin canggih karena dipersenjatai oleh aplikasi besutan Google. Yang bikin asyik sih karena "raga" dan "jiwa" hp bisa terpisah, sehingga bisa dikendalikan dari jauh alias remote. Jadi nggak perlu khawatir kalo kehilangan atau ganti hp baru. Tinggal login pake akun Google yang kita punya, lalu "jiwa" ponsel itu bisa kita akses dari perangkat mana pun. Jos!

Nah, karena terpisah antara jiwa dan raganya ini, ketika hp android hilang, kita bisa melacak posisi raga terakhir.

Here's how to do it:

  • Login ke akun google 
  • Pilih menu My Account
My Account

  • Di  menu sebelah pojok kiri bawah, ada sub menu Find your phone. Klik Get started.
Find your phone
  • Kalau kita horang kaya pernah login OS di beberapa perangkat dengan akun gmail yang sama, maka akan tampil daftar perangkat tersebut kayak gambar di bawah ini. Silakan pilih deh, perangkat yang mana yang mau dilacak. 


pilih perangkat

  • Setelah pilih perangkat, Google akan memastikan bahwa memang si pemilik yang sedang melacak posisi ponsel tersebut. So, we need to re-enter the password of the indicated account.
re-enter password
    •  Selesai memasukkan password, kita akan digiring ke halaman selanjutnya. Akan muncul banyak pilihan seperti gambar di bawah ini. 
      Menu Find your phone
    • Berhubung kita mau melacak keberadaan ponsel kita, jadi pilihlah Locate
      pilih locate
    • Lokasi ponsel kita akan ditampilkan dengan tingkat akurasi sampai 24 meter. Bok, itu cukup jelas ya. Sori, disini tampilan petanya saya zoom out karena alasan privasi (ceileeeh.. gaya)
      lokasi hp
    • Cakep kan, bisa langsung ketahuan deh hp kita ada dimana. Tinggal berdoa kencang aja semoga yang nyolongnya gaptek jadi nggak tahu kalo bisa kita lacak. Oya, lacak melacak ini bisa dilakukan hanya kalau ponselnya aktif. Kalo hp nya dimatiin, tetap aja nggak bisa (so sad!)

    Di halaman Find your phone ada sub menu Ring di sebelah Locate. Fitur ini bisa digunakan untuk ngebunyiin (bahasa apa coba??) hp kita yang terletak nun jauh disana.. Kayaknya sih ini juga bakal berguna buat emak2 yang suka lupa naro hapenya dimana.. hahaha.



    Tinggal klik menu Ring aja, nanti hp kita akan berdering secara otomatis. 

    iseng nyari hp
    Cara lain untuk melacak ponsel android yang hilang adalah dengan buka halaman Google, kemudian  login dengan akun Google yang kita punya. Setelah itu, ketik "lost phone" di halaman pencarian. Google akan melacak keberadaan ponsel kita secara otomatis dan ditampilkan di halaman pertama. Baik banget yes?

    "lost phone"

    Semoga aja sih kita nggak perlu pake fitur di atas ya.. semoga eta ponsel aman lancar jaya menemani kita hingga akhir hayatnya... Amiiin (akhir hayat hp-nya maksudnya, :)).








    You Might Also Like

    6 comments

    1. Aku pake ios mbaaa, gimana doong??? hihihihi *kemudian dilempar android* salam kenal!

      ReplyDelete
      Replies
      1. ahahaha... baiklah... nanti kucoba pake IOS yah.. :P
        salam kenal juga, mbak. Thanks for stopping by ^_^

        Delete
    2. Eh, ini bagus.
      Angkutin ke Rocking Mama, MBak Inne :D

      ReplyDelete
    3. Interested, mbak? Okey.. nti aq re-write ya :)

      ReplyDelete