Selasa Berbagi


Enaknya belajar bareng di kelas IIP adalah, semua orang "kena giliran" untuk berbagi. Apakah itu menyampaikan materi energizer, sebagai penyemangat di hari Senin, berbagi di hari Selasa dan Kamis, atau Jumat Hangat di hari Jumat, tentunya.




Dengan adanya kesempatan tersebut, setiap emak bisa mengetahui bagaimana perjalanan emak yang lain dalam proses belajar keluarganya dalam tahap menjadi lebih baik.

Untuk hari ini, tanggal 13 Februari ini saya kebagian "jatah" Selasa Berbagi sebagai berikut: 

Assalammualaikum, emak-emak yang berbahagia.
Terima kasih karena telah diizinkan berbagi di kelas ini lagi. Apa yang akan saya bagi di sini sebetulnya adalah setengah curhat selama mengais ilmu di kelas Bunda Sayang, materi Cerdas Finansial ini. 
Awal mengikuti kelas ini, saya dan suami memang sedang berusaha untuk mengelola keuangan kami dengan lebih baik lagi karena ada beberapa tujuan finansial yang kami targetkan. 
Dalam proses mengajarkan pengelolaan keuangan ke Asaboy, kami sadar  bahwa sesungguhnya, kami lah yang sedang dididik untuk cerdas secara finansial. Karena ketika mengajarkan Asaboy menabung, kami harus mencontohkan kami sedang menabung. Ketika mengajarkan Asaboy belanja terencana, kami harus membuat daftar belanja sebelum ke warung/ toko. Ketika mengajarkan menahan nafsu belanja, kami lah yang harus lebih dulu bisa menahan keinginan jajan atau belanja barang yang kami inginkan, tapi tidak kami butuhkan
Hingga di hari ke-13 ini, keluarga kami sedang belajar untuk mengelola keuangan, bukan dikelola oleh uang. Alhamdulillah, catatan pengeluaran dan pemasukan sudah tersimpan rapi di sebuah sheets di Gdrive yang hanya bisa diakses oleh saya dan suami (thanks to mbak Ami atas idenya) . Ternyata, mengelola keuangan secara tranparan seperti ini juga menambah keharmonisan rumah tangga kami, karena minim prasangka dan kami merasa senasib seperjuangan. Oya, selain Sheets yang kami akses bersama, saya juga menuliskan semua proses belajar kami di https://www.inne.web.id, yang suami bisa baca setiap hari. Jadi, bisa saling evaluasi bersama. :)
Mohon doanya ya maks, semoga kami bisa konsisten dan berhasil mendidik Asaboy sehingga bisa cerdas finansial dan bermanfaat di hari ini dan masa depannya nanti. Amin. 
Tetap semangat belajar ya mak! 
Terima kasih banyak ^_^
Wassalammualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Fiuuh... tugas tertunaikan juga. Hahaha.. Alhamdu... lillah..
Semoga bermanfaat :)

#Day13
#KuliahBunsayIIP
#Tantangan10Hari
#Level8
#RejekiItuPastiKemuliaanHarusDicari
#CerdasFinansial

Image: Photo by rawpixel.com on Unsplash

Comments