Dua Menit, Minta Duit


Ketika kami membuatkan celengan untuk Asaboy belajar menabung, tujuannya adalah supaya ia bisa tahu bahwa untuk bisa membelanjakan uang, ia harus punya uang dulu. Untuk punya uang, ia harus usaha dulu. Dalam hal ini, bekerja.

Lalu, "pekerjaan" apa yang bisa dilakukan oleh seorang anak berusia 5 tahun?

Kami mulai dari hal-hal kecil seperti membereskan mainan, menyapu, dan ... memijat. 
Ini sih modus orang tuanya juga.

Bapake sukses ketawa ngakak waktu saya bilang,
"Mas mau isi celengan? kerja dulu, ya?"
"Mas kan masih kecil, mami"
"Iya, mas latihan aja dulu"
"Terus, mas ngapain dong?"
"Gini deh. Mas pijetin papi, deh. Nanti dikasih uang dua ribu sama papi. Ya pi, ya?" saya konfirmasi ke papinya
"Iya. sini pijit papi dulu" kata papinya.
mijit tapi capek, katanya :D

Waktu disuruh pijitin bapake, Asaboy rada ogah-ogahan, tapi saya semangatin terus dengan bilang, "ayo, katanya mau beli mainan? besok kita ke toko deh, lihat harga"
Dia langsung semangat terus lanjut pijetin bapaknya.
Mijatnya cuma dua menit, terus minta duit.



Bapaknya lalu kasih uang dua ribu ke Asaboy. Ia pun langsung memasukkan uangnya ke celengan botol bekasnya.
"Mi, masih kurang nih"
"Ya udah, sini pijitin mami. Nanti mami tambahin"
Ia pun memijat saya dengan penuh semangat.

Dua menit, lalu minta duit.

Saya kasih dua ribu. Tampangnya pun senang, riang gembira macam dapat uang (emang!)

Lalu ia pun keluar kamar dan bilang, "Oma, mau dipijitin nggak?"
saya pun bilang ke omanya bahwa mas lagi belajar kerja, jadi ia sedang menawarkan pijatan untuk selembar dua ribu.


Omanya ketawa, lalu bilang "Wah asyik dong. Oma juga mau dipijit"
Asaboy pun memijit pundak omanya.

Dua menit, minta duit.

Sekarang di celengannya ada dua lembar uang dua ribuan dan empat keping uang lima ratusan. Ia pun naik ke tempat tidur dengan riang.
"Mami, besok mas udah bisa beli mainan, ya?"
"Hm... mungkin... kita tanya aja besok di toko, uang mas udah cukup belum untuk beli mainan."
"Oke mami"

Sepertinya, malam ini ia akan mimpi indah.

Sleep tight, boy.

Maaf ya boy, bukannya kami mengajarkan pamrih.. tapi, ini adalah sebuah langkah kecil untuk memahami bahwa uang nggak datang dari langit atau muncul tiba-tiba dari perut mesin ATM, nak.
Uang bisa kita peroleh kalau kita usaha (halal).
Semoga mas ingat dan mas aplikasikan di hidup mas, ya.
Ini catatan buat kami juga, boy. Ketika kami "terlihat" mengajarkan sesuatu kepadamu nak, sesungguhnya kamu yang sedang mengajarkan kami hal tersebut.

Semoga kita bisa konsisten ya, boy. Amin!

#Day4
#KuliahBunsayIIP
#Tantangan10Hari
#Level8
#RejekiItuPastiKemuliaanHarusDicari
#CerdasFinansial




GIF by Giphy:
1. https://giphy.com/gifs/laughing-despicable-me-minions-ZqlvCTNHpqrio
2. https://giphy.com/gifs/election2016-dnc-democratic-national-convention-2016-l46ChY6HPct7LdZBK

Featured Image:
Photo by Jordan Whitfield on Unsplash

Comments

Popular posts from this blog

Berenang di Kolam Renang Matoa

Periksa Skoliosis Dengan BPJS (1)

Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (EBI) 2015