Belajar Mengenal Minat dan Bakat Anak

mengenal minat dan bakat anak 

Menurut KBBI, minat adalah kecenderungan hati yang tinggi terhadap sesuatu; gairah; keinginan. Sedangkan bakat adalah asar (kepandaian, sifat, dan pembawaan) yang dibawa sejak lahir.

Jika kita bisa mengenali minat dan bakat anak sejak dini, tentunya kita bisa memberikan pendidikan yang tepat, sesuai dengan potensi mereka masing-masing. Tapi mengenali minat, bakat dan potensi anak itu bukanlah sebuah hal yang mudah dan dapat dicapai secara instan. 

everybody is a genius

Saya percaya bahwa setiap anak dilahirkan dengan potensi diri masing-masing. Yang jadi PR kami adalah, bagaimana mengenali potensi diri Asaboy dan membantunya untuk mencapai renjananya dalam hidup. 

Sampai saat ini, Asaboy tertarik dengan segala hal tentang kendaraan seperti kereta, truk pemadam kebakaran, ambulans, mobil, mesin alat berat dan robot. Matanya selalu berbinar ketika kami ajak ke markas pemadam kebakaran di komplek GDC. Atau jika kami bertemu dengan mobil pemadam kebakaran saat kami sedang di perjalanan. Excitement terhadap mobil pemadam kebakaran bukan cuma itu saja. 

Ia juga mengkoleksi beragam miniatur truk pemadam kebakaran. Mulai dari die cast kecil, hingga truk plastik berukuran besar yang bisa ia tarik menggunakan tali. Hatinya senang bukan main ketika omanya membelikan satu stel baju tiruan pemadam kebakaran.

Kalau ditanya "mas kalau udah besar mau jadi apa?" maka ia akan menjawab "mau jadi masinis dan pemadam kebakaran". 
Saya tanya lagi, "emang kenapa?"
Jawabnya, "karena mas suka sama masinis dan pemadam kebakaran"

Just as simple as that

Minat Asaboy saat ini sedikit mengarah ke profesi public service. Di sisi lain, bakat yang cukup menonjol adalah kemampuan untuk mengekspresikan apa yang ia rasa dengan gambar. Dulu, gambar Asaboy hanya garis dan kotak. Kalau saya tanya ia menggambar apa, ia selalu bilang "gambar mobil pemadam". Sekarang, gambar mobil pemadamnya semakin mendetil. Tangga, peralatan pemadam, hose, bahkan terkadang ada gambar helikopter yang membantu kerja mobil pemadam untuk memadamkan api tergambar dengan cukup jelas. 

gambar Asaboy


Asaboy juga termasuk penyayang binatang. Di rumah, kami mempunyai seekor kelinci yang kami beri nama "Ciwir". Kelinci Asaboy sekarang sudah berusia kurang lebih delapan bulan. Usia yang cukup lama untuk seekor kelinci yang dipelihara oleh seorang balita. :D

A post shared by Inne R.A. (@inne.ra) on

Perjalanan kami mendampingi Asaboy untuk menjadi anak terbaik sesuai dengan versinya masih panjang. Semoga Allah beri kekuatan. Amin. :)

#Day2
#Tantangan10Hari
#Level7
#KuliahBunsayIIP
#BintangKeluarga





Photo by Ian Schneider on Unsplash

Comments

Popular posts from this blog

Berenang di Kolam Renang Matoa

Periksa Skoliosis Dengan BPJS (1)

Periksa Skoliosis Dengan BPJS (2)