Posts

Showing posts from November, 2017

"Airplane Emergency Fire Rescue", Bermain Sambil Belajar

Image
Kelekatan teknologi dengan generasi Z memang sudah tidak dapat dipungkiri lagi. Bahkan sampai ada ungkapan yang berbunyi, My gadget, my baby sitter Di tengah kontroversi penggunaan gawai oleh anak-anak, kami sendiri mempunyai pendapat dan kebijakan tersendiri. Gawai dan segala hal yang berkaitan dengannya, kami anggap sebagai alat, yang jika digunakan di bawah pengawasan penuh orang tua, tentunya ada manfaat yang bisa kita ambil dari alat tersebut. Salah satu di antaranya adalah, melatih kemampuan berpikir logis anak.

Angka dan Warna

Image
Kemarin malam saat mau tidur, Asaboy mengambil buku gambar dan crayon-nya. Seperti biasa, ia membuat sketch  di buku gambar berukuran A4-nya. Biasanya ia membuat gambar kereta, backhoe  atau truk pemadam kebakaran. Namun kali ini, ia membuat gambar yang berbeda.  Warna warni

Belajar Berhitung Menggunakan Telur Puyuh

Image
Telur burung puyuh alias quail eggs adalah salah satu makanan kesukaan Asaboy. Dalam seminggu , biasanya minimal satu kali ada menu yang kami buat menggunakan telur dari burung kecil ini. Kalau saya memasak burung puyuh, maka Asaboy akan berinisiatif untuk mengupasnya.  Menggunakan telur puyuh sebagai alat bantu hitung

Tentang Waktu

Image
Di zaman teknologi maju seperti ini, interaksi anak dengan gawai memang semakin meningkat. Kadang, saya dan papoy suka kewalahan ketika Asaboy meminjam gawai kami dalam jangka waktu yang cukup lama. Beragam metode telah kami lakukan untuk membatasi penggunaan gawai Asaboy. Tapi ternyata untuk hal ini, kami nggak bisa terpaku dengan satu cara. Hukum Gossen I berlaku di sini. Ketika satu metode dilakukan secara terus menerus, maka efektifitasnya pun berkurang. Awalnya kami menggunakan metode alarm, namun kali ini kami menggunakan metode jam dinding. Apakah itu? mengenal waktu

Mengenal Geometri dan Bilangan Ordinal

Image
geometri dan bilangan ordinal Ada banyak cara untuk memperkenalkan #MathAroundUs kepada anak-anak. Salah satunya adalah menyediakan fasilitas belajar di sekitarnya dan membiarkannya bereksplorasi, dengan keinginannya sendiri.  Sejak Asaboy bayi hingga menjelang usianya ke-5, seingat saya, kami nggak punya waktu belajar yang pasti. Di usianya yang masih tergolong usia dini, kami memang tidak menargetkan kemampuan akademis yang ia harus capai, namun kami berusaha membangun ekosistem yang nyaman baginya, menumbuhkan rasa ingin tahunya dan membersamainya saat ia sedang membutuhkan. Yang kami lakukan adalah menempatkan diri kami sebagai fasilitator.

Sebelas, Dua Belas...

Image
Belakangan ini cuaca rasanya nggak menentu. Kalau siang hari, rasanya panas banget. Jam 10 pagi aja rasanya udah kayak jam 12 siang. Mentereng dan menyengat banget. Makanya kami ndekem aja di rumah, cari aman. Biar nggak tambah item. Haha.  Sambil ngadem di kamar, saya iseng-iseng ambil pulpen dan buku. Pengen menggambar aja sih, tadinya. Asaboy pun ikut-ikutan. Akhirnya kami menggambar berdua di buku yang sama, berbagi halaman. 

Belajar Logika Melalui Gambar

Image
Asaboy suka sekali menggambar. Membuat garis dan bentuk menggunakan pensil, pulpen, crayon dan alat gambar apapun yang ada. Medianya juga beragam. Bisa kertas, buku, bahkan tembok. Iya, tembok. Di rumah omanya ini, sudah berhias "mural" Asaboy dari ruang tamu, hingga ruang keluarga.

Mengasah Cara Berpikir Logis Anak di Dapur

Image
Tak terasa, perjalanan mamoy belajar di Institut Ibu Profesional sudah memasuki jenjang level ke-6. Pada fase ini, kami diarahkan untuk mengasah kemampuan berpikir logis anak. Asaboy akan berusia 5 tahun di akhir bulan Desember nanti. Artinya, anak ini belum bisa diperkenalkan matematika logis yang berat macam cosinus dan tangen. Yakali... :P Jadi gimana dong cara mamoy memperkenalkan pemikiran logis ke si Asaboy? Masak telur!

Si Papoy, Pahlawan Kesayangan Asaboy

Image
Pertama kali melihatnya di kantin kampus, ia lewat dengan perawakannya yang besar, rambut gondrong dan selalu terlihat bersama dengan seorang senior. Awalnya malas banget mau negur dia. Nggak lain karena saya cuma pengen serius belajar, kuliah yang bener karena konon, beasiswa yang kami dapatkan itu awardee-nya diseleksi secara otomatis berdasarkan IPK dan skor TOEFL. Kuliah gratis yang lumayan berat untuk dilaksanakan. Haha.

Dua Pahlawan Bulan November

Image
November adalah bulan ke-11 dalam perhitungan tahun Masehi. Di bulan yang selalu ditemani rintik hujan ini, Allah menakdirkan lahirnya dua orang perempuan yang paling berarti dalam hidup saya. Mami dan Emak.

Membangun Budaya Literasi Dalam Diri

Image
li.te.ra.si 1   /litêrasi/ n   kemampuan menulis dan membaca n   pengetahuan atau keterampilan dalam bidang atau aktivitas tertentu:   -- komputer