Posts

Showing posts from July, 2017

Finish, Not Perfect

Image
Ada masa ketika kita menginginkan segala sesuatunya berjalan sempurna. Seperti dalam sebuah prosesi pernikahan yang sakral, contohnya.
Pada masa sepenting itu, tentunya kesalahan atau kealpaan sekecil apapun bisa membuat kita naik pitam, atau bahasa kerennya, hit the ceiling.

On my case, si ibu perias lupa membawa set kebaya yang harusnya saya pakai di hari super penting itu.  Marah? Sudah pasti. Tapi apa saya bisa meluapkan kemarahan saya ke si ibu perias? No, nggak bisa. Saya khawatir kalau saya marah, malah akan membuat si ibu makin grogi, grasak grusuk saat mengambil kebaya saya dan *amit2* malah bisa celaka di jalan. Saya telan bulat-bulat emosi saya dan menunggu dalam diam.

Setengah jam kemudian, si ibu perias datang kembali membawa set kebaya yang saya kenakan pada saat akad nikah sambil bolak balik memohon maaf dan memberikan pelayanan terbaiknya. Alhamdulillah, dandanan saya kelar sekitar 10 menit menjelang akad.

Memang, satu dua aral melintang saat menjelang prosesi pernikaha…

Keep Trying

Image
Yang namanya kebiasaan baik memang harus selalu diupayakan. Tapi apa daya, terkadang kondisi yang tidak memungkinkan memaksa kita untuk mahfum terhadap kekhilafan. Tsaaah... bahasanya tinggi bener.. padahal cuma mau bilang kalau malam ini Asaboy ketiduran sebelum bersih-bersih dan ganti baju #emakmacamapa

Hari Sabtu ini saya seharian di sekolah. Berangkat pagi banget kemudian baru pulang ke rumah ba'da ashar. Sampai di rumah, saya diprotes dua lelaki dengan pernyataan yang sama, "mami kok lama amat?" padahal biasanya juga kalau saya mengajar ya memang seperti itu durasinya. Malah, kalau mengajar sampai jam terakhir, bisa sampai di rumah beberapa menit sebelum adzan maghrib berkumandang.

Balik lagi ke cerita pembiasaan baik sebelum Asaboy tidur. Malam ini saya yang tertidur lebih dahulu. Karena capek luar biasa, saya tidur dengan baluran minyak gosok di punggung... skoliosis ngambek.
Karena harus mendampingi peserta didik praktik teknik survival di lapangan, maka saya ju…

Malam Ini...

Image
Malam ini, sikat gigi Asaboy kering, tidak basah.
Malam ini, tidak ada odol yang tertumpah di lantai kamar mandi.
Malam ini, tidak ada wangi baju dari lemari.
Malam ini, kami tidur dengan si kecil yang bermandikan peluh, lengkap dengan aromanya.

Kenapa?

Karena Asaboy tidak menggosok gigi
Karena Asaboy tidak ganti baju
Karena Asaboy tidak bersih-bersih.
Karena Asaboy, ketiduran.

Dan, emak bapaknya nggak tega bangunin anak yang sudah terlelap.

Bok, susah ya jadi orang tua... :p

#Level2
#BunsayIIP
#MelatihKemandirian
#Tantangan10hari


Belajar dari Kegagalan

Image
Hari ini tepat seminggu sejak kami mencanangkan program "mandi sendiri". Niatnya sih, dengan target one skill one week, Asaboy bisa mandi sendiri dengan baik dan benar. Artinya, ia bisa mandi sendiri dengan hasil paripurna, walaupun tanpa pengawasan dari kami, orang tuanya.

Jauh panggang dari api, harapan tinggal harapan. Program tinggal program. Nyatanya, sampai hari ini Asaboy belum bisa mandi sendiri tanpa tidak main air. Apalagi, saya sudah mulai aktif bekerja, yang notabene, aktifitas pada pagi hari itu rasanya ritme kehidupan berputar seribu kali lebih cepat. Semua hal sepertinya selalu diburu-buru waktu.

Dengan perasaan diburu-buru seperti itu, biasanya emosi akan mudah sekali terpancing. Alas, kalau nada bicara saya ke Asaboy meninggi, maka si bocah akan mogok maksimal. Ia akan menghentikan semua aktifitas yang sedang ia lakukan dan bersikap membatu. Tanpa ekspresi. Mukanya rata aja gitu.

Tinggalah emak mengelus dada sambil istighfar dan mencoba membujuk kembali, me…

Cerita, cerita dan cerita

Image
do.ngeng /dongèng/ncerita yang tidak benar-benar terjadi (terutama tentang kejadian zaman dulu yang aneh-aneh):anak-anak gemar mendengarkan -- Seribu Satu Malam

Sumber: KBBI



Dulu saya suka sekali dengan beragam cerita dongeng dan khayalan seperti Asterix, Tin Tin dan Lima Sekawan (ehem, ketara deh angkatan berapa... hahaha). Saya suka sekali kalau kakak saya membawakan buku-buku cerita seru seperti itu. Nggak cuma buku cerita atau novel petualangan, komik macam Kungfu Boy dan Dragon Ball juga saya lahap sampai edisi terakhir (walaupun bukunya minjem punya temen)

Tak disangka, sekarang kebiasaan itu menular ke Asaboy. Walaupun ia belum bisa membaca, si kecil suka sekali dengan buku cerita bergambar. Biasanya ia akan mengarang cerita berdasarkan gambar yang ada di dalam bukunya.

Selain "membaca" gambar, Asaboy juga suka diceritakan dongeng sebelum tidur. Tapi mamanya ga boleh "nyontek" dari buku. Ia maunya saya sudah hafal ceritanya lalu diceritakan kembali sambil d…

Mendongeng, Media Komunikasi Bersama Anak

Image
Kebiasaan yang sedang kami coba untuk tanamkan ke Asaboy adalah kesadaran untuk bersih-bersih sebelum tidur, termasuk sikat gigi dan ganti baju. Alasannya sederhana, kebersihan adalah sebagian dari iman. Selain itu, kalau anak tidur dalam keadaan bersih dan wangi, bobonya akan lelap dan ia bisa beristirahat secara maksimal. Well, itu mah harapan kami. Kenyataannya? nggak selalu seindah harapan. Pepatah mengatakan, banyak jalan menuju Roma. Demikian pula dengan cara meningkatkan kesadaran (awareness) anak. Kalau mencontohkan masih belum mempan, maka senjata saya berikutnya adalah... bercerita. Asaboy senang sekali mendengar cerita. Kalau dia sedang cranky pun, kadang saya suka iseng bilang "mau mami ceritain nggak, mas?". Lalu dia yang tadinya ngambek langsung semangat dan mengangguk dengan mata berbinar. Enough said, jadi kemarin malam Asaboy lagi kumat malas bersih- bersihnya. Papanya sudah meluncurkan berbagai cara untuk membujuk anak semata wayangnya supaya mau melaksan…

Ritual Sebelum Tidur

Image
Cita-cita:
Sebelum tidur, Asaboy sudah ganti baju, wangi dan sudah sikat gigi. 
Kenyataan: Anaknya tidur duluan sebelum cuci muka, tangan, kaki dan sikat gigi. 
Sering mengalami kayak gitu, bu?
Yah, saya mah sering banget! hahahaha..ini emak macam apa sih sayah.. wkwkwk
Inginnya sih, setiap hari anaknya bisa konsisten tidur dalam keadaan bersih dan wangi. Tapi apa daya, namanya juga anak-anak. Eh, emak bapaknya juga sih. Kadang sudah keburu capek ngurusi satu dan lain hal akhirnya pasrah aja dengan kondisi anak tidur belum bersih-bersih. 
Kalau sudah gitu biasanya tissue basah jadi andalan. Hahaha...
Alhamdulillah kemarin Asaboy bersih-bersih atas kesadarannya sendiri. Malam itu kami jajan martabak keju cokelat. Biasanya saya bilang, "mas boleh makan cokelat, tapi habis itu sikat gigi, ya?" Nah, malam itu saya nggak bilang apa-apa ke si boy. Ndilalah, anaknya habis makan martabak, dia bilang ke saya, "mi, kalau habis makan cokelat kan sikat gigi, ya?" 
Saya yang m…

Timeout

Image
Definition of time–out 1:  a brief suspension of activity  (Merriam Webster Dictionary)


Apalah apalah ini judulnya beginian. Timeout. Sepertinya memang itulah kata yang cocok untuk mewakili sesi berpikir yang saya berikan kepada Asaboy. Lah, emang anak umur 4.5 tahun disuruh mikir apa sih?
Mikir untuk menentukan pilihan. Ketika saya sudah kehabisan cara, biasanya timeout ini jadi senjata pamungkas. Mostly, it worked!

Jadi ceritanya tadi pagi mas saya latih mandi sendiri lagi. Awalnya cranky abis. Secara, dia memang habis ngambek gegara papanya berangkat kerja saat dia sedang pup. Biasanya kalau papoy berangkat kerja, dia "nganter" alias sepedahan bareng papanya sampai mulut gang. Tapi karena tadi sudah terlambat, jadi dia ditinggal dan berakhir dengan pundung bin nangis panjang pake lama.

I hugged him tight while he was still sitting on the toilet seat. Sesiapa pun yang melihat adegan pagi tadi bakalan ngakak sih. Ada anak kecil masih duduk di toilet nangis kejer sambil meluk…

Alah Bisa Karena Biasa

Image
Konon katanya kalau kita ingin membuat kebiasaan baru, maka lakukanlah selama 21 hari berturut-turut. I don't know for sure whether it's true or not, all I know is, when you make a routine, it will be your habit. That's it. Nah, ngomong-ngomong soal kebiasaan, kami sedang membiasakan si kecil untuk bisa bersih-bersih alias cuci badan (bukan mandi, ya) sebelum tidur. Karena si bocil ini gampang berkeringat, jadi kalau nggak bersih-bersih dan ganti baju sebelum tidur rasanya ga afdhal. Kebiasaan yang kami terapkan sejak ia bayi ini memang sih jadi PR banget, salah satunya cucian baju kotor mas yang menumpuk. Sehari anak ini bisa ganti baju 4 s.d 5 kali. Tapi ya namanya juga anak-anak, kan? Nggak ada noda, nggak belajar...hehe... Eh tapi saya dan papanya juga begitu sih. Walaupun sudh mandi sore, tetap aja nggak betah kalau baju lembap karena keringat lalu dipakai tidur. Kebayang kan tumpukan baju kotor kami sehari? hahaha... ganjen kok sekeluarga :p So, kali ini saya mau …

Standard Operating Procedure (SOP) Ala Asaboy

Image
standard operating procedure, or SOP, is a set of step-by-step instructions compiled by an organization to help workers carry out routine operations. SOPs aim to achieve efficiency, quality output and uniformity of performance, while reducing miscommunication and failure to comply with industry regulations. (Wikipedia)

Melanjutkan program kemandirian anak di kelas Bunda Sayang IIP ini, saya dan papoy sepakat bahwa selama minggu pertama ini, target kami adalah Asaboy bisa mandi sendiri secara berkualitas. Alhamdulillah, dua hari ini bisa konsisten mandi sendiri. Walaupun porsi main airnya masih lebih banyak daripada mandi benerannya. Tapi nggak apa-apa deh, namanya juga belajar.

Toh dulu juga waktu Asaboy belajar makan sendiri melalui proses yang bertahap. Awalnya berantakan alias lantai rumah isinya nasi di mana-mana, sekarang alhamdulillah makannya cukup rapi dan bersih, nggak belepotan.

Jadi sebetulnya melatih kemandirian anak ini sekaligus melatih kesabaran emaknya, sih. wkwkwkw.

Melatih Anak Mandi Sendiri dengan Nyanyian

Image
Tan Malaka mengatakan,

Kutipan Tan Malaka tersebut cukup memotivasi saya untuk terus menerapkan kemandirian kepada anak kami, Asaboy. Sebelum tugas game level 2 dari kelas IIP Bunda Sayang ini, saya sudah pernah menulis tentang bagaimana menumbuhkan kemandirian Asaboy sejak dini.

Terbentur, terbentur, terbentur, terbentuk Walaupun rasanya melelahkan, tapi lebih baik kami menelan asam garam dan lelahnya mengerjakan dua kali suatu pekerjaan, daripada harus menghadapi anak yang manja dan tidak dapat berdiri di atas dua kakinya sendiri di masa mendatang.

Sebagai orang tua, saya dan papoy ingin Asaboy menjadi pribadi yang tidak menyusahkan orang lain ketika nanti kami sudah tiada. Karena hey, siapa yang tahu kapan Allah akan memanggil, ya nggak? :)

Dengan metode one skill one week, maka minggu ini kami menargetkan Asaboy dapat mandi sendiri (secara benar dan bersih). Allah Maha Tahu kekurangan saya, sebetulnya papanya sudah menerapkan program "mandi sendiri" ini sejak setahun lal…