Posts

How?

What will you do when you don't have enough time to do everything?
What will you do if another minute is your last breath taken?
How about all those plans?
How about all of the appointments you've made before?
What will you do?


How could you resist the temptation to distract your mind
From the things you should do, and do not
How could you resist the temptation to pour down all of your stories
With a complete stranger, new people
What will you do?

How will you arrange your emotion
How will you cope with all the limited time
How will you manage them?
How will you survive?

Kemandirian Anak=Keikhlasan Orang Tua

Image
Air yang tergenang di depan kamar mandi,
Sabun yang berceceran di lantai,
Pasta gigi yang berserakan,
Sikat gigi yang bergelimpangan di atas toilet.Lemari pakaian yang berantakan,
Susunan pakaian dalam yang tak lagi beraturan,
Sisir yang kerap kali hilang,
Stok minyak telon yang habis dalam jangka waktu 3 hari.Semua itu adalah gambaran sekilas dari cerita kami dalam proses kemandirian Asaboy.
Target kami beberapa minggu lalu adalah, Asaboy bisa mandi sendiri.
Kami mencoba untuk menikmati semua prosesnya, walaupun betul-betul menguji kesabaran.
Membutuhkan keikhlasan,
untuk membiarkan Asaboy melakukan kesalahan-kesalahan, agar ia bisa belajar. Agar ia tahu mana yang benar.
Agar ia mampu melatih dirinya sendiri.
Untuk mandi sendiri. Untuk mampu menakar kadar sabun yang ia butuhkan, untuk mampu menahan dirinya bermain air saat mandi, untuk mampu menakar pasta gigi sebelum ia menyikat gigi, dan untuk mampu bertanggung jawab atas kebersihan dan kerapihan dirinya sendiri.
Grow, grow, gro…

Finish, Not Perfect

Image
Ada masa ketika kita menginginkan segala sesuatunya berjalan sempurna. Seperti dalam sebuah prosesi pernikahan yang sakral, contohnya.
Pada masa sepenting itu, tentunya kesalahan atau kealpaan sekecil apapun bisa membuat kita naik pitam, atau bahasa kerennya, hit the ceiling.

On my case, si ibu perias lupa membawa set kebaya yang harusnya saya pakai di hari super penting itu.  Marah? Sudah pasti. Tapi apa saya bisa meluapkan kemarahan saya ke si ibu perias? No, nggak bisa. Saya khawatir kalau saya marah, malah akan membuat si ibu makin grogi, grasak grusuk saat mengambil kebaya saya dan *amit2* malah bisa celaka di jalan. Saya telan bulat-bulat emosi saya dan menunggu dalam diam.

Setengah jam kemudian, si ibu perias datang kembali membawa set kebaya yang saya kenakan pada saat akad nikah sambil bolak balik memohon maaf dan memberikan pelayanan terbaiknya. Alhamdulillah, dandanan saya kelar sekitar 10 menit menjelang akad.

Memang, satu dua aral melintang saat menjelang prosesi pernikaha…

Keep Trying

Image
Yang namanya kebiasaan baik memang harus selalu diupayakan. Tapi apa daya, terkadang kondisi yang tidak memungkinkan memaksa kita untuk mahfum terhadap kekhilafan. Tsaaah... bahasanya tinggi bener.. padahal cuma mau bilang kalau malam ini Asaboy ketiduran sebelum bersih-bersih dan ganti baju #emakmacamapa

Hari Sabtu ini saya seharian di sekolah. Berangkat pagi banget kemudian baru pulang ke rumah ba'da ashar. Sampai di rumah, saya diprotes dua lelaki dengan pernyataan yang sama, "mami kok lama amat?" padahal biasanya juga kalau saya mengajar ya memang seperti itu durasinya. Malah, kalau mengajar sampai jam terakhir, bisa sampai di rumah beberapa menit sebelum adzan maghrib berkumandang.

Balik lagi ke cerita pembiasaan baik sebelum Asaboy tidur. Malam ini saya yang tertidur lebih dahulu. Karena capek luar biasa, saya tidur dengan baluran minyak gosok di punggung... skoliosis ngambek.
Karena harus mendampingi peserta didik praktik teknik survival di lapangan, maka saya jug…

Malam Ini...

Image
Malam ini, sikat gigi Asaboy kering, tidak basah.
Malam ini, tidak ada odol yang tertumpah di lantai kamar mandi.
Malam ini, tidak ada wangi baju dari lemari.
Malam ini, kami tidur dengan si kecil yang bermandikan peluh, lengkap dengan aromanya.

Kenapa?

Karena Asaboy tidak menggosok gigi
Karena Asaboy tidak ganti baju
Karena Asaboy tidak bersih-bersih.
Karena Asaboy, ketiduran.

Dan, emak bapaknya nggak tega bangunin anak yang sudah terlelap.

Bok, susah ya jadi orang tua... :p

#Level2
#BunsayIIP
#MelatihKemandirian
#Tantangan10hari


Belajar dari Kegagalan

Image
Hari ini tepat seminggu sejak kami mencanangkan program "mandi sendiri". Niatnya sih, dengan target one skill one week, Asaboy bisa mandi sendiri dengan baik dan benar. Artinya, ia bisa mandi sendiri dengan hasil paripurna, walaupun tanpa pengawasan dari kami, orang tuanya.

Jauh panggang dari api, harapan tinggal harapan. Program tinggal program. Nyatanya, sampai hari ini Asaboy belum bisa mandi sendiri tanpa tidak main air. Apalagi, saya sudah mulai aktif bekerja, yang notabene, aktifitas pada pagi hari itu rasanya ritme kehidupan berputar seribu kali lebih cepat. Semua hal sepertinya selalu diburu-buru waktu.

Dengan perasaan diburu-buru seperti itu, biasanya emosi akan mudah sekali terpancing. Alas, kalau nada bicara saya ke Asaboy meninggi, maka si bocah akan mogok maksimal. Ia akan menghentikan semua aktifitas yang sedang ia lakukan dan bersikap membatu. Tanpa ekspresi. Mukanya rata aja gitu.

Tinggalah emak mengelus dada sambil istighfar dan mencoba membujuk kembali, mem…

Cerita, cerita dan cerita

Image
do.ngeng /dongèng/ncerita yang tidak benar-benar terjadi (terutama tentang kejadian zaman dulu yang aneh-aneh):anak-anak gemar mendengarkan -- Seribu Satu Malam

Sumber: KBBI

Dulu saya suka sekali dengan beragam cerita dongeng dan khayalan seperti Asterix, Tin Tin dan Lima Sekawan (ehem, ketara deh angkatan berapa... hahaha). Saya suka sekali kalau kakak saya membawakan buku-buku cerita seru seperti itu. Nggak cuma buku cerita atau novel petualangan, komik macam Kungfu Boy dan Dragon Ball juga saya lahap sampai edisi terakhir (walaupun bukunya minjem punya temen)

Tak disangka, sekarang kebiasaan itu menular ke Asaboy. Walaupun ia belum bisa membaca, si kecil suka sekali dengan buku cerita bergambar. Biasanya ia akan mengarang cerita berdasarkan gambar yang ada di dalam bukunya.

Selain "membaca" gambar, Asaboy juga suka diceritakan dongeng sebelum tidur. Tapi mamanya ga boleh "nyontek" dari buku. Ia maunya saya sudah hafal ceritanya lalu diceritakan kembali sambil d…