Posts

Malam Ini...

Image
Malam ini, sikat gigi Asaboy kering, tidak basah.
Malam ini, tidak ada odol yang tertumpah di lantai kamar mandi.
Malam ini, tidak ada wangi baju dari lemari.
Malam ini, kami tidur dengan si kecil yang bermandikan peluh, lengkap dengan aromanya.

Kenapa?

Karena Asaboy tidak menggosok gigi
Karena Asaboy tidak ganti baju
Karena Asaboy tidak bersih-bersih.
Karena Asaboy, ketiduran.

Dan, emak bapaknya nggak tega bangunin anak yang sudah terlelap.

Bok, susah ya jadi orang tua... :p

#Level2
#BunsayIIP
#MelatihKemandirian
#Tantangan10hari


Belajar dari Kegagalan

Image
Hari ini tepat seminggu sejak kami mencanangkan program "mandi sendiri". Niatnya sih, dengan target one skill one week, Asaboy bisa mandi sendiri dengan baik dan benar. Artinya, ia bisa mandi sendiri dengan hasil paripurna, walaupun tanpa pengawasan dari kami, orang tuanya.

Jauh panggang dari api, harapan tinggal harapan. Program tinggal program. Nyatanya, sampai hari ini Asaboy belum bisa mandi sendiri tanpa tidak main air. Apalagi, saya sudah mulai aktif bekerja, yang notabene, aktifitas pada pagi hari itu rasanya ritme kehidupan berputar seribu kali lebih cepat. Semua hal sepertinya selalu diburu-buru waktu.

Dengan perasaan diburu-buru seperti itu, biasanya emosi akan mudah sekali terpancing. Alas, kalau nada bicara saya ke Asaboy meninggi, maka si bocah akan mogok maksimal. Ia akan menghentikan semua aktifitas yang sedang ia lakukan dan bersikap membatu. Tanpa ekspresi. Mukanya rata aja gitu.

Tinggalah emak mengelus dada sambil istighfar dan mencoba membujuk kembali, mem…

Cerita, cerita dan cerita

Image
do.ngeng /dongèng/ncerita yang tidak benar-benar terjadi (terutama tentang kejadian zaman dulu yang aneh-aneh):anak-anak gemar mendengarkan -- Seribu Satu Malam

Sumber: KBBI

Dulu saya suka sekali dengan beragam cerita dongeng dan khayalan seperti Asterix, Tin Tin dan Lima Sekawan (ehem, ketara deh angkatan berapa... hahaha). Saya suka sekali kalau kakak saya membawakan buku-buku cerita seru seperti itu. Nggak cuma buku cerita atau novel petualangan, komik macam Kungfu Boy dan Dragon Ball juga saya lahap sampai edisi terakhir (walaupun bukunya minjem punya temen)

Tak disangka, sekarang kebiasaan itu menular ke Asaboy. Walaupun ia belum bisa membaca, si kecil suka sekali dengan buku cerita bergambar. Biasanya ia akan mengarang cerita berdasarkan gambar yang ada di dalam bukunya.

Selain "membaca" gambar, Asaboy juga suka diceritakan dongeng sebelum tidur. Tapi mamanya ga boleh "nyontek" dari buku. Ia maunya saya sudah hafal ceritanya lalu diceritakan kembali sambil d…

Mendongeng, Media Komunikasi Bersama Anak

Kebiasaan yang sedang kami coba untuk tanamkan ke Asaboy adalah kesadaran untuk bersih-bersih sebelum tidur, termasuk sikat gigi dan ganti baju. Alasannya sederhana, kebersihan adalah sebagian dari iman. Selain itu, kalau anak tidur dalam keadaan bersih dan wangi, bobonya akan lelap dan ia bisa beristirahat secara maksimal. Well, itu mah harapan kami. Kenyataannya? nggak selalu seindah harapan. Pepatah mengatakan, banyak jalan menuju Roma. Demikian pula dengan cara meningkatkan kesadaran (awareness) anak. Kalau mencontohkan masih belum mempan, maka senjata saya berikutnya adalah... bercerita. Asaboy senang sekali mendengar cerita. Kalau dia sedang cranky pun, kadang saya suka iseng bilang "mau mami ceritain nggak, mas?". Lalu dia yang tadinya ngambek langsung semangat dan mengangguk dengan mata berbinar. Enough said, jadi kemarin malam Asaboy lagi kumat malas bersih- bersihnya. Papanya sudah meluncurkan berbagai cara untuk membujuk anak semata wayangnya supaya mau melaksanak…

Ritual Sebelum Tidur

Image
Cita-cita:
Sebelum tidur, Asaboy sudah ganti baju, wangi dan sudah sikat gigi. 
Kenyataan: Anaknya tidur duluan sebelum cuci muka, tangan, kaki dan sikat gigi. 
Sering mengalami kayak gitu, bu?
Yah, saya mah sering banget! hahahaha..ini emak macam apa sih sayah.. wkwkwk
Inginnya sih, setiap hari anaknya bisa konsisten tidur dalam keadaan bersih dan wangi. Tapi apa daya, namanya juga anak-anak. Eh, emak bapaknya juga sih. Kadang sudah keburu capek ngurusi satu dan lain hal akhirnya pasrah aja dengan kondisi anak tidur belum bersih-bersih. 
Kalau sudah gitu biasanya tissue basah jadi andalan. Hahaha...
Alhamdulillah kemarin Asaboy bersih-bersih atas kesadarannya sendiri. Malam itu kami jajan martabak keju cokelat. Biasanya saya bilang, "mas boleh makan cokelat, tapi habis itu sikat gigi, ya?" Nah, malam itu saya nggak bilang apa-apa ke si boy. Ndilalah, anaknya habis makan martabak, dia bilang ke saya, "mi, kalau habis makan cokelat kan sikat gigi, ya?" 
Saya yang ma…

Timeout

Image
Definition of time–out 1:  a brief suspension of activity  (Merriam Webster Dictionary)


Apalah apalah ini judulnya beginian. Timeout. Sepertinya memang itulah kata yang cocok untuk mewakili sesi berpikir yang saya berikan kepada Asaboy. Lah, emang anak umur 4.5 tahun disuruh mikir apa sih?
Mikir untuk menentukan pilihan. Ketika saya sudah kehabisan cara, biasanya timeout ini jadi senjata pamungkas. Mostly, it worked!

Jadi ceritanya tadi pagi mas saya latih mandi sendiri lagi. Awalnya cranky abis. Secara, dia memang habis ngambek gegara papanya berangkat kerja saat dia sedang pup. Biasanya kalau papoy berangkat kerja, dia "nganter" alias sepedahan bareng papanya sampai mulut gang. Tapi karena tadi sudah terlambat, jadi dia ditinggal dan berakhir dengan pundung bin nangis panjang pake lama.

I hugged him tight while he was still sitting on the toilet seat. Sesiapa pun yang melihat adegan pagi tadi bakalan ngakak sih. Ada anak kecil masih duduk di toilet nangis kejer sambil meluk…

Alah Bisa Karena Biasa

Image
Konon katanya kalau kita ingin membuat kebiasaan baru, maka lakukanlah selama 21 hari berturut-turut. I don't know for sure whether it's true or not, all I know is, when you make a routine, it will be your habit. That's it. Nah, ngomong-ngomong soal kebiasaan, kami sedang membiasakan si kecil untuk bisa bersih-bersih alias cuci badan (bukan mandi, ya) sebelum tidur. Karena si bocil ini gampang berkeringat, jadi kalau nggak bersih-bersih dan ganti baju sebelum tidur rasanya ga afdhal. Kebiasaan yang kami terapkan sejak ia bayi ini memang sih jadi PR banget, salah satunya cucian baju kotor mas yang menumpuk. Sehari anak ini bisa ganti baju 4 s.d 5 kali. Tapi ya namanya juga anak-anak, kan? Nggak ada noda, nggak belajar...hehe... Eh tapi saya dan papanya juga begitu sih. Walaupun sudh mandi sore, tetap aja nggak betah kalau baju lembap karena keringat lalu dipakai tidur. Kebayang kan tumpukan baju kotor kami sehari? hahaha... ganjen kok sekeluarga :p So, kali ini saya mau …