Level 7: What Do We Get?

January 27, 2018


Sejak kami mendaftarkan diri menjadi salah satu peserta belajar di Institut Ibu Profesional, kami merasa bahwa banyak sekali manfaat yang kami dapatkan. Tanpa IIP, rasanya mustahil kami bisa sampai di titik ini.



Kehidupan kami yang tadinya sangat biasa-biasa saja, sama seperti kehidupan pasangan suami istri biasa dengan satu anak lainnya. Menjalani hidup apa adanya, just let it flow, tanpa target, tanpa diskusi "berat" keluarga ini mau dibawa ke mana? Ya, jalani saja. Toh, kami nggak merugikan siapa-siapa dengan gaya hidup kami yang seperti ini.

Semuanya berubah secara perlahan, hingga kami sampai ke akhir level 7, Semua Anak Adalah Bintang. Gampang? Nggaaaaaak! >_<'

Oke, hati-hati yang masih ragu untuk gabung di IIP ya, karena selanjutnya, saya akan menceritakan perjuangan yang kami lakukan selama di IIP. #gaya

Mulai dari terseok-seoknya kami membuat laporan perkembangan Asaboy setiap hari. Yap, se-ti-ap-ha-ri. Apa kami bisa? NGGAK! Hahahahaha.. tapi.. konyol banget deh. Ada-ada ajalah aral melintang tanpa diundang. Ketiduran, lah, internet mati, lah, dan beragam apalah-apalah lainnya.

Tapi kami menikmati semua prosesnya. Setiap momen kebersamaan kami dengan anak semata wayang kami, Asaboy. Kalaupun kami khilaf atau tidak sempat membuat tugas hari itu, dalam kenyataannya, kami berusaha menerapkan apa yang sedang kami pelajari saat itu.
Khusus di level 7 ini, Semua Anak Adalah Bintang, kami mencoba untuk bersikap seperti seorang guru yang obyektif menilai siswanya. Nggak ada itu gaya "sindrom anak sendiri". Karena kami ingin bisa memetakan bakat Asaboy dan menemukannya sendiri. Maka yang kami lakukan adalah melakukan apa yang Asaboy sukai, setiap harinya.

Walaupun setiap hari mood Asaboy dan kami berubah, tapi paling tidak kami bisa menghasilkan sebuah dokumen yang kami catat secara bersama-sama. Kami simpan dokumen tersebut di gdrive, sehingga saya dan papoy bisa mengisinya secara bergantian. Apa kami sudah berhasil memetakan bakat Asaboy? Jawabannya belum.

Kami tidak ingin terburu-buru dalam menentukan bakat apa yang Asaboy miliki sejak lahir, karena Asaboy belum cukup usia untuk diberikan "label bakat" . Jadi, inilah bekal kami selanjutnya untuk terus melakukan observasi terhadap minat, bakat dan bagaimana Asaboy membangun grit-nya.

#AliranRasa
#Tantangan10Hari
#Level7
#KuliahBunsayIIP
#BintangKeluarga






Photo by Jerry Kiesewetter via Stocksnap.io




You Might Also Like

0 comments