Memasangkan Gambar dan Nama Benda

December 01, 2017

Saat pameran buku impor Big Bad Wolf di bulan April lalu, kami sempat membeli buku "Get Ready For School, First Grade Laptop Workbook". Rencananya buku ini akan digunakan sebagai persiapan Asaboy SD nanti. 

Buku ini berisi banyak worksheet untuk latihan menulis huruf dan mengenal kata dalam bahasa Inggris. Dengan halaman full colour, buku ini cukup menarik hati Asaboy untuk belajar. 

hasil berburu di BBW 2017 lalu
Sehabis maghrib tadi, saya iseng melihat-lihat isi buku ini dan melihat beragam worksheet  di dalamnya. Sejak dibeli bulan April lalu, buku ini belum kami gunakan karena kami pikir, belum saatnya bagi Asaboy untuk mempelajari materi tersebut. Ternyata, ada beberapa worksheet yang cukup cocok digunakan untuk melatih kemampuan berpikir logis anak. Yang paling penting adalah, Asaboy suka dengan aktivitas yang ada di dalam buku tersebut. 

Ketika saya buka halaman demi halaman dari buku ini, Asaboy terlihat sumringah dan banyak bertanya. Akhirnya, kami memilih aktivitas bermain bersama. Salah satunya adalah menarik garis, mencocokkan antara gambar bentuk (shapes) dan namanya. 

belajar mengenal bentuk
Asaboy memang belum bisa membaca, apalagi teks berbahasa Inggris. Ketika mengerjakan worksheet ini, saya membacakan kata-kata yang dicetak di kolom sebelah kanan, lalu menjelaskan bahwa kata tersebut adalah nama dari gambar yang ada di sebelah kiri. Tanpa banyak kesulitan, Asaboy bisa mengikuti penjelasan yang saya berikan dan ia bisa menarik garis, memasangkan antara nama benda dan gambarnya. 

memasangkan antara gambar dan nama benda
Ada 5 gambar benda di kolom sebelah kiri; bola, kubus, potongan keju, telur dan es krim. Di kolom sebelah kanan, ada lima kata; oval, triangular, round, square dan twisted. Asaboy sempat bingung ketika mendengar saya bilang oval. "Oval itu apa sih, moy?" Lalu saya bilang bahwa oval itu artinya lonjong. Bentuknya bulat, tapi agak panjang. Kemudian ia langsung menunjuk gambar telur sambil bilang "oh, kayak telur ini?" Yap, benar sekali, boy. :)

Proses menggambar garis, memasangkan antara gambar benda dan namanya ini ternyata cukup menarik dan menantang bagi Asaboy. Sepertinya malah ia ketagihan akan aktifitas jenis ini. Sebelumnya, kami juga pernal melakukan aktifitas ini menggunakan media whiteboard .





#Day9
#Tantangan10hari
#Level6
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs


You Might Also Like

0 comments