Berpetualang di D'Kandang Amazing Farm

December 06, 2017



Hari ini sekolahnya Asaboy mengadakan field trip ke D'KandangAmazing Farm yang terletak di Sawangan, Depok.

Asaboy sangat bersemangat ketika tahu aktifitas apa yang akan ia lakukan nanti di D' Kandang bersama dengan teman-temannya. Saya sempat cerita bahwa nanti ia akan belajar menanam pohon dan menangkap ikan.


Petualangan dimulai ketika kami berangkat dari titik pemberangkatan bus, sebuah pom bensin yang terletak di dekat sekolah mas. Bus berangkat sekitar pukul delapan pagi. Sayangnya, saat kami ke sana, jalanan dekat D' Kandang sedang dicor, jadi bus kami tidak bisa mengantarkan sampai di lokasi. Akhirnya bus diparkir di sebuah lapangan, lalu kami diantar oleh mobil van kecil milik D'Kandang.

Sampai di d'Kandang, kami berkumpul di sebuah aula berupa saung yang cukup luas. Di sana, anak-anak disambut oleh tiga orang pemandu. Para pemandu wisata ini masih muda dan terlihat sangat biasa menangani kunjungan anak-anak. Mereka cukup lihai dalam menanggapi kondisi mood swing anak-anak dan memaklumi rasa ingin tahu anak-anak yang sangat besar.

Setelah minum susu dan makan puding (welcome drink-a compliment from D' Kandang), anak-anak berfoto bersama lalu berpetualang dalam kelompok yang terdiri dari 20 anak dan seorang pemandu. Penjelajahan dimulai dengan memanen pak choy (chinese cabbage). Di lokasi ini, anak-anak diajak untuk mencabut tanaman pak choy yang sudah memasuki masa panen.



Kak Jeff, pemandu kelompok Asaboy, mengajak anak-anak untuk menghitung jumlah pak choy yang mereka sudah panen. Alhamdulillah, pengalaman hari ini sesuai dengan topik #MathAroundUs yang sedang kami pelajari di Kelas Bunda Sayang, Institut Ibu Profesional.

Sayangnya mood Asaboy sempat turun karena ketika di saung, mata kirinya sempat terpukul oleh salah seorang temannya ketika mereka sedang bercengkrama. Akhirnya di kegiatan memanen pak choy ini, Asaboy terlihat kurang bersemangat.

Ketika teman-temannya sudah mulai memanen, Asaboy malah diam dan tampak tidak berminat. Melihat gelagat Asaboy, kak Jeff menghampirinya, kemudian mengajak Asaboy untuk mencabut pak choy yang sudah siap panen. Kak Jeff membimbing Asaboy perlahan, setelah itu beliau mengajak Asaboy untuk menghitung hasil panennya.
Pak choy yang berhasil dicabut Asaboy dan kak Jeff berjumlah sepuluh buah. Hasil panennya pun boleh dibawa pulang.

belajar menanam pohon
Setelah selesai memanen pak choy, anak-anak belajar menanam pohon di wahana penanaman pohon. Kemudian mereka pun diajak ke ruang pengkabutan. Di sini anak-anak sempat disiram oleh nozzle air. Petualangan dilanjutkan ke kandang sapi untuk memerah sapi. Di sini anak-anak melihat proses pemerahan susu sapi. Mereka jadi tahu darimana susu yang mereka biasa minum berasal.

Di kandang sapi ini, kak Jeff juga mengajak anak-anak untuk membandingkan ukuran anak sapi dan ukuran badan anak-anak. Salah satu anak bilang, "Wah, bener ya, anak sapi tingginya sama kayak kita"

Dari kandang sapi, mereka pun ke kandang bayi kambing. Di sana mereka belajar memberikan susu kepada para bayi kambing. Mereka belajar bagaimana menyesuaikan posisi botol agar susu dari botol dapat mengalir ke mulut bayi-bayi kambing.

Karena hari sudah menjelang dzuhur, akhirnya diputuskan untuk ishoma terlebih dahulu, baru kegiatan akan dilanjutkan kembali. Setelah selesai makan siang dan solat, anak-anak diajak untuk nyemplung di kolam, menangkap ikan.

Yang namanya anak-anak memang selalu kalap melihat air. Bukannya fokus menangkap ikan, mereka malah berenang dan bermain air, sibuk menciprat-cipratkan air ke teman-temannya. Setelah sesi menangkap ikan selesai, anak-anak pun mandi lalu kami pulang.

Petualangan di d'Kandang hari ini cukup memberikan kesan untuk Asaboy. Lucunya, sepulang dari d'Kandang, ia masih terlihat bersemangat dan mengajak kami untuk pergi ke dKandang lagi "kalau papi libur ya, mi.." katanya.








#Day14
#Tantangan10hari
#Level6
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs

You Might Also Like

0 comments