Angka dan Warna

November 29, 2017

Kemarin malam saat mau tidur, Asaboy mengambil buku gambar dan crayon-nya. Seperti biasa, ia membuat sketch di buku gambar berukuran A4-nya. Biasanya ia membuat gambar kereta, backhoe atau truk pemadam kebakaran. Namun kali ini, ia membuat gambar yang berbeda. 


Warna warni
Ia memulai gambarnya dengan menggoreskan sebatang crayon berwarna merah di pinggir kertasnya. Srek, srek, srek. Semakin lama, goresan crayon-nya membentuk sebuah persegi panjang. Setelah warna merah, ia mengambil warna hijau muda. Kemudian ia menggambar bentuk yang sama. 

Lalu diikuti dengan crayon berwarna cokelat muda, cokelat tua, hijau tua, biru muda, biru tua, jingga, salem, kuning dan hitam. Semuanya dibuat saling berdampingan hingga membentuk karya seperti di bawah ini. 
hasil karya Asaboy

Ketika saya tanya, 
"Mas lagi bikin apa?"
Ia menjawab, 
"Kue pelangi! Lihat deh mami, bagus, kan?"
"Iya, bagus le."
Karena ingat tugas IIP, saya pun "aji mumpung" dan langsung mengaitkannya dengan konsep #MathAroundUs.  Saya ajak Asaboy untuk menghitung, ada berapakah warna yang sudah ia goreskan di kertas tersebut. 
Lalu Asaboy pun mulai menghitung, 
"satu,...
dua...
tiga...
empat, 
lima, 
enam, 
tujuh, 
delapan, 
sembilan, 
sepuluh, 
sebelas!
Semuanya ada sebelas, Mami!" 

Nggak lama, ia melirik crayon case-nya. Masih ada sebatang crayon berwarna putih yang belum ia goreskan di kertas tersebut. Mungkin ia tahu bahwa kalau ia goreskan crayon tersebut, tidak nampak nyata di kertas. Ia pun mengambil pulpen dan mulai membentuk goresan yang sama di sebelah warna hitam. 

"Mami, sekarang udah ada 12. Mas tambahin pake pulpen", ujarnya sambil nyengir lebar. Mungkin ia merasa puas sekali dengan idenya barusan. 

Saya pun tidak mau melewatkan kesempatan ia yang masih memegang pulpen. Saya ajak ia untuk menuliskan lambang bilangan pada setiap warna yang ada. 
Ia pun mulai menuliskan angka 1 sampai dengan 12 di bawah setiap warna. Yang bikin saya bahagia banget, ia sudah bisa menuliskan angka-angka tersebut tanpa bantuan dari saya sama sekali. #emaknorak. Hahaha.

Ternyata, Asaboy sudah cukup akrab dengan konsep angka dan lambang bilangannya. Alhamdulillah. 
Semangat belajar terus ya, le. :*

berpose dengan karyanya






#Day7
#Tantangan10hari
#Level6
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs

Featured Image Photo by Scott Webb on Unsplash

You Might Also Like

0 comments