"Airplane Emergency Fire Rescue", Bermain Sambil Belajar

November 30, 2017



Kelekatan teknologi dengan generasi Z memang sudah tidak dapat dipungkiri lagi.
Bahkan sampai ada ungkapan yang berbunyi,

My gadget, my baby sitter
Di tengah kontroversi penggunaan gawai oleh anak-anak, kami sendiri mempunyai pendapat dan kebijakan tersendiri. Gawai dan segala hal yang berkaitan dengannya, kami anggap sebagai alat, yang jika digunakan di bawah pengawasan penuh orang tua, tentunya ada manfaat yang bisa kita ambil dari alat tersebut. Salah satu di antaranya adalah, melatih kemampuan berpikir logis anak.


Aplikasi yang kami izinkan untuk dimainkan oleh Asaboy adalah "Airplane Emergency Fire Rescue", sebuah aplikasi gim yang dibuat oleh Game Time Studio. Aplikasi ini tersedia di playstore dan dapat diunduh secara gratis.

Gim ini mempunyai misi penyelamatan pesawat yang mengalami kecelakaan dan terbakar di bandara. Sebagai pemain, Asaboy harus mengarahkan truk pemadam kebakaran sehingga bisa sampai di lokasi kebakaran sebelum terlambat.


misi utama Airplane Emergency Fire Rescue: memadamkan pesawat yang sedang terbakar

Untuk sampai ke lokasi kebakaran, Asaboy dipandu oleh peta yang terletak di sebelah kiri layar. Jujur saja, untuk kemampuan navigasi ini, Asaboy lebih unggul dibandingkan saya :D. Ketika bermain secara bergantian, Asaboy lebih mampu membaca peta dan mengarahkan mobil pemadam kebakarannya dengan baik. He also drove it much faster than I did.


Antar muka gim ini sendiri cukup user friendly dan dapat digunakan dengan mudah oleh pemain pemula sekalipun. Awal memainkan gim ini, Asaboy tidak kami ajari. He just found out all of the tools by himself
Truk pemadam kebakaran bisa diarahkan ke kanan dan kiri dengan setir yang ada di menu kiri bawah. Peta petunjuk arah ada di menu kiri atas. 
Di panel sebelah kanan ada petunjuk waktu yang tersisa, button untuk menyalakan bunyi sirene, gigi untuk maju, netral dan mundur. Untuk menggerakkan dan memberhentikan truk, ada pedal gas dan rem di panel sebelah kanan bawah. 
tampilan gim "Airplane Emergency Fire Rescue"
Dengan bermain gim ini, Asaboy belajar membaca peta sekaligus menyelaraskan antara posisi truk dengan petunjuk peta. Gim ini juga bisa melatih daya konsentrasinya dan melatih kemampuan motorik. Selain gim ini, kami juga memasang beberapa gim lain yang serupa. Namun, ini gim yang lebih sering ia mainkan karena tokoh utamanya adalah truk pemadam kebakaran, his favorite! :)






#Day8
#Tantangan10hari
#Level6
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs


Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

You Might Also Like

0 comments