Indonesia Android Kejar Awarding Event

October 09, 2017

Indonesia Android Kejar
Siapa yang nggak tahu Android saat ini?
Dengan statistik dua miliar pengguna di seluruh dunia, jelas Android merupakan salah satu OS mobile "sejuta umat". Logikanya, penggunanya sedemikian banyak, maka akan membuka peluang kebutuhan aplikasi yang sangat luas, ya nggak?

Thanks to Pak Jokowi yang menyambangi markas Google di Palo Alto di bulan Februari 2016 lalu, maka Google pun membuat "Indonesia Android Kejar", sebuah program pemelajaran Android daring mandiri dan berkelompok yang didukung penuh oleh Udacity, untuk menghasilkan 150.000 pemrogram Android di Indonesia. Cool, isn't it? Ayolah, Indonesia pasti bisa, kok. Masa kita mau bengong aja sementara India udah ngebut menghasilkan developer yang mumpuni?

A post shared by Ibu Tekno (@ibutekno) on
Di pertengahan tahun 2017 ini, saya ikut kelas beginner. Iya, nggak salah baca, kok. Saya ikut kelas beginner. Haha. Sampai diketawain sama salah satu mentor zaman saya kuliah dulu. Well, kenapa ikut kelas beginner? Karena saya ingin belajar dari awal, dari akarnya. Apalagi di sekolah saya juga mengajar mata pelajaran yang sama. Walaupun ini bukan pertama kalinya saya belajar ngoding Android, tapi setelah kurang lebih 7 tahun nggak megang OOP, pasti banyak perkembangan yang belum saya ketahui dan harus update ilmu lagi supaya nggak salah transfer ke siswa saya.

A post shared by Inne R.A. (@inne.ra) on

Ternyata di IAK ada awarding event gitu, dan nggak semua peserta dapat akses untuk acara tersebut. Makin semangat dong kami untuk bikin aplikasi yang cakep supaya bisa dapat undangan ke acara yang cukup bergengsi itu. Alhamdulillah, saya adalah salah satu peserta yang mendapat kehormatan untuk diundang ke acara tersebut.

Awarding event kali ini diadakan di Unika Atmajaya, Sudirman. Acara yang dimulai pada pukul 13.00 WIB ini dibuka dengan presentasi dari mas Patrick Nugros dari Indonesia Android Kejar, tentang perjalan IAK. Setelah itu, ada mas @praw yang berbagi tentang peluang menjadi developer Android di Indonesia. Acara dilanjutkan dengan sharing session para fasilitator dan peserta, lalu awarding para fasilitator yang telah bekerja keras mengajar dan mengatur kelas selama periode 2 tersebut. Para fasil mendapat jaket berlogo Google Developer yang kece banget! Ah, semoga saya bisa menjadi salah satu dari fasilitator tersebut, ya! Amin.

Setelah awarding fasilitator, saatnya pemberian swags kepada para peserta terbaik di kelas. Peserta terbaik sendiri terbagi menjadi dua level; top second dan top first. Nggak nyangka bahwa saya bisa masuk di kategori top second. Mamak-mamak ini masih bisa juga bersaing dengan otak kids zaman now. Hahaha...

A post shared by E Budy (@insta.budy) on

Di event ini, bukan cuma swags yang kita dapatkan, tapi juga pengalaman dan pertemanan baru. Kita bisa networking setelah acara. Para pembicaranya pun welcome banget untuk diajak ngobrol dan sharing pengalaman.

foto bareeng! :*


Di akhir acara, kami berfoto bersama. Rusuh dan seru. Ah, rasanya jadi kangen masa-masa kuliah. #lah, #baper.

Oya, bulan ini saya daftar lagi untuk kelas intermediate. Ada yang mau ikutan? Yuk daftar di sini

https://events.withgoogle.com/indonesia-android-kejar/daftar/

#ubahdengankode

#Day16
#Myhappylistchallenge





You Might Also Like

0 comments